Breaking

Post Top Ad

11/02/2020

JOSSSS,,, SELAIN MENJADI BABINSA SERTU AGUS SUPRIYANTO JUGA MENJADI INSPIRASI REKANNYA DAN CONTOH UKM PETERNAKAN KAMBING

Gresik, pojokpudak.com


UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah sasaran yang dipandang Sertu Agus Supriyanto dalam mengisi waktu luang selain menjalankan Pekerjaan Utamanya Menjadi Seorang Babinsa di Koramil 0817/07 Kebomas juga berprofesi sebagai Peternak Kambing, dan memang benar dalam Berternak Kambing beliau menjadi Inspirasi bagi Mayarakat Sekitar serta rekan-rekannya. Kesederhanaan dan Mudah bergaul itulah sekilas sosok Agus yang biasa disapa. Sabtu (30/10/2020) sore.

Mulanya sebelum Ia memilih beternak kambing berawal dari sekedar melihat para petani disekitar desa, ketika itu banyak petani banyak yang mengeluh ketika berternak kambing kurang menghasilkan sehingga dengan melihat keadaan tersebut menjadikan suatu tantangan untuk Sertu Agus berinovasi mencoba  dalam hal berternak kambing “Alhamdulillah ternyata saya bisa dan berhasil”bangganya.

Berawal dengan jumlah kambing yang berjenis Koploan 1 jantan dan 2 betina dirinya menekuninya, dengan keuletan serta semangat yang diberikan oleh Keluarganya alhasil sekarang bisa menghasilkan Kambing yang Cukup banyak yang diletakkan di samping rumahnya yang berada di Dusun Kebondalem Desa Domas RT 09 / RW 03 Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.

ia mengaku usaha ternak kambing sudah digeluti mulai dari tahun 2010 lalu hingga akhirnya dengan Dengan tekad dan pengalaman kemudian Sertu Agus berusaha untuk mencari modal pinjaman kebank BRI melalui kantor dinas pada saat itu dengan nominal 25 juta, “dengan pinjaman tersebut saya berusaha untuk mencari bibit kambing jantan semua Karena mengingat laku jualnya sangat lumayan tinggi dibanding kambing betina” Terangnya.

Untuk masalah pakan ternak kambing dirinya juga bekerjasama dengan masyarakat sekitar yang mempunyai usaha dalam pembuatan Tahu. Ampas tahu tersebut yang dimanfaatkannya serta ditambahkan kangkung kering (kawul) setelah diperontok. “Jadi saya tidak perlu repot untuk cari rumput sebagai makanan Pokok Ternak saya khan sudah ada ini (ampas tahu dan kawul), toh kalau ada rumput atau rambanan atau dedaunan baru kita kasihkan itu pun hanya untuk siang saja. Sedangkan minumnya kita memakai cukak atau air tahu juga”. jelasnya.

Dalam mengurus ternaknya, ia dibantu anak pertama, ibu, dan istri membantu untuk keuangan. Sehingga bisnis ternaknya tersebut Alhamdulillah saat ini pembibitan baik penggemukan masih berjalan berawal dari rasa penasaran akhirnya disikapi dengan kesabaran telaten, serta enjoy ternyata mendapatkan hasil yang lumayan. Tambahnya.

Sertu Agus Supriyanto mengaku, sengaja mengembangkan ternak kambing dengan tujuan untuk mencari tambahan penghasilan selain menjadi anggota TNI. Dari hasil usahanya tersebut kini perbulan dirinya mampu meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah. Dikarenakan Untuk harga sendiri bervariatif tergantung kalau jantan usia 6 bulan kisaran 1,4 juta itu bibit, kalau betina di usia 6 bulan berkisar antara 800 ribu s/d 900 ribu.

Mindset Positif dalam melakukan usahanya selalu digunakan terlebih Disegi pemasaran, saya tidak kesulitan untuk memasarkan, karena banyaknya teman, saudara. Dan Alhamdulillah kebutuhan keseharian saya melayani haqiqoh, suplai pedagang daging kambing dan melayani hari qurban. Terlebih lagi di wilayah binaan saya, jadi intinya banyak teman pasti banyak rejeki. Terangnya. 

Ia berharap, keberhasilannya dalam mengembangkan ternak kambing bisa menjadi inspirasi bagi warga dan pemuda di sekitar rumahnya, terlebih teman-temannya. “dan saya akan dengan senang hati apabila ada yang Bertanya ataupun belajar bersama dengan saya dalam hal peternakan kambing ini, karena saya akan memberikan ilmu yang saya punya agar bisa digunakan oleh orang banyak karena menurut saya ilmu yang saya berikan kedepannya ketika bisa berguna Insyaallah akan menjadikan Pahala Jariyah untuk saya”harapnya. (Sy@/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads