Breaking

Post Top Ad

11/01/2020

Sertu Agus Supriyanto Sukses Dengan Ternak Kambing

Gresik, pojokpudak.com


Mudah bergaul dan murah senyum itulah sekilas sosok Sertu Agus Supriyanto, anggota Koramil 0817/07 Kebomas, yang sukses dengan berternak kambing, dan bisa dikatakan mampu menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitar dan rekan-rekannya.

Anggota TNI Angkatan Darat  yang sudah berdinas tahun 2001 ini, bisa dibilang sukses dalam ternak kambing.

Ia memilih beternak kambing dengan alasan berawal dari sekedar melihat para petani disekitar desa, ketika itu banyak petani pada menggelu ternak kambing, yang karena kurang berhasil. Dengan adanya tantangan tersebut saya terpanggil dan berharap saya bisa   berhasil, alhasil alhamdulillah saya bisa.

Semua itu berkat keuletannya dan dukungan keluarga dalam ternak Kambing, semula masih dibilang sedikit, namun kini jumlah ternaknya sudah lumayan banyak.

Dia menyulap lahan di bagian samping rumahnya, yang berada di Dusun Kebondalem Desa Domas RT 09 / RW 03 Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik.

ia mengaku usaha ternak kambing sudah digeluti mulai dari tahun 2010 lalu dengan memelihara kambing jenis Koploan 1 jantan dan 2 betina sampai, hingga akhirnya yang pengalaman dan dukungan keluarga. Denga tekad dan pengalaman kemudian saya untuk mencari modal pinjaman kebank BRI melalui kantor dinas pada saat itu dengan nominal 25 jt, dan saya mencari bibit kambing jantan semua. Karena mengingat laku jualnya sangat lumayan tinggi dibanding kambing betina. Terangnya, Sabtu (30/10/2020) Sore.

Masih Sertu Agus Supriyanto di pakan ternak kambing saya memanfaatkan ampas tahu, kangkung kering (kawul) setelah diperontok. Jadi tidak perlu repot untuk cari rumput, toh kalau ada rumput atau rambanan atau dedaunan baru kita kasihkan itu pun hanya untuk siang saja. Sedangkan minumnya kita memakai cukak atau air tahu. Jelentrehnya.

Dengan kesabaran telaten, dan enjoi. Semua saya anggap itu hiburan, ehhh tetapi berpenghasilan lumayan. Tambahnya.

Dalam mengurus ternaknya, ia dibantu anak pertama, ibu, dan istri membantu untuk keuangan. Sehingga bisnis ternaknya tersebut Alhamdulillah saat ini pembibitan baik penggemukan masih berjalan.

Selain dilakukan oleh beberapa keluarga, saya juga selalu memberikan pakan dan membersihkan kandang setiap pagi sebelum berangkat dan pulang dari dinas,” terang Sertu Agus Supriyanto.

Sertu Agus Supriyanto mengaku, sengaja mengembangkan ternak kambing dengan tujuan untuk mencari tambahan penghasilan selain menjadi anggota TNI. 

Dari hasil usahanya tersebut kini perbulan dirinya mampu meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah. 

Untuk harga sendiri bervariatif tergantung kalau jantan usia 6 bulan kisaran 1,4 jt itu bibit, kalau betina di usia 6 bulan 800 ribu s/d 900 ribu.

Disegi pemasaran, saya tidak kesulitan untuk memasarkan, karena banyaknya teman, saudara. Dan Alhamdulillah kebutuhan keseharian saya melayani haqiqoh, suplai pedagang daging kambing dan melayani hari qurban. Terlebih lagi di wilayah binaan saya, jadi intinya banyak teman pasti banyak rejeki. Terangnya. 

Ia berharap, keberhasilannya dalam mengembangkan ternak kambing bisa menjadi inspirasi bagi warga dan pemuda di sekitar rumahnya, terlebih teman-temannya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads