Breaking

Post Top Ad

11/15/2020

TPA Al Ikhlas Buka Pendaftaran Santri Baru Tahun Ajaran 2021-2022

Gresik, pojokpudak.com


Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Al Ikhlas adalah salah satu lembaga pendidikan Al Qur’an yang berdomisili di Karangrejo RT.04 RW.08. Taman Pendidikan ini berdiri di yang sudah berusia 18 tahun. 

TPA Al Ikhlas merupakan salah satu lembaga pendidikan di bawah naungan“Dewan Pimpinan Daerah”  Hidayatullah Surabaya, sekaligus merupakan salah satu cabang Hidayatullah Surabaya bagian selatan. 

TPA Al Ikhlas hadir sejak berdirinya Musholla yang di wakafkan oleh salah satu muhsinin setempat, dengan harapan kedepan dapat membina generasi yang ada di lingkungan Karangrejo. Tutur Kepala TPA Al ikhlas Wadin Badrul,S. Kom. I.

Masih Wadin Badrul, TPA Al Ikhlas memiliki visi “Mendidik Generasi Dengan Karakter Tauhid”, walaupun sangat banyak TPA di Karangrejo khususnya di Kecamatan Wonokromo, namun yang membedakan adalah sistem pendidikan yang diberikan berupa materi tambahan yang amat sangat bermanfaat dimasa depan. 

Selain para santri TPA diberikan materi cara membaca Al Qur’an dengan baik dan benar, ditempat ini para santri diberikan muatan materi diniyah, seperti diniyah fiqih ibadah, diniyah Tauhid, diniyah Aqidah, Hadits pilihan dan diniyah Do’a – do’a harian. 

Materi diniyah ini diberikan dengan tujuan agar para santri yang belajar di tempat ini mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat selain mendapatkan pembelajaran Qur’an disetiap harinya.

Kemudian para pendidik/pengajar di TPA Al Ikhlas seluruhnya alumni pesantren dengan gelar serjana (S1) yang sudah berpengalaman di dalam hal mendidik anak khusus TPA. 

Namun disamping itu TPA Al Ikhlas juga memiliki program pendukung lainnya seperti, kegiatan bersama BKPRMI dan FKPQ disetiap tahunnya sebagai motivasi untuk seluruh santri.

Namun tidak kalah penting di TPA Al Ikhlas ini para guru/pengajar memprioritaskan kepada pendidikan Tahfidz (hafalan Qur’an) untuk sebuah penunjang, program ini diberikan untuk seluruh santri mulai dari program dasar hingga ke jenjang tingkat Al Qur’an tentunya, dengan harapan saat selesai belajar ditempat ini para santri memiliki hafalan yang cukup dan berkualitas.

TPA Al Ikhlas disamping mengutamakan diniyah sebagai symbol karakter tauhid, TPA Al Ikhlas juga menggunakan metode tilawati sebagai standarisasi yang terdaftar di BKPRMI dan FKPQ kota Surabaya. 

Metode ini dipilih dengan suatu pertimbangan selain santri bisa memahami metode yang di sampaikan para pengajar/guru juga dapat memanfaatkan waktu pengajarannya disetiap pertemuan, karena proses pembelajaran sangat mudah dengan dua model pembelajaran, yang pertama di awali dengan peraga kemudian yang kedua buku panduan tilawati jilid 1 sampai dengan jilid 6, tentunya para pengajar wajib memiliki syahadah atau minimal sudah mendapatkan sertifikat pengajaran tilawati dari lembaga yang direkomendasikan oleh BKPRMI.

Untuk program pembelajaran di TPA Al Ikhlas dimulai dari hari senin sampai dengan hari jum’at yaitu pukul 15.45 sampai pukul 19.15 wib ( setelah Isya’). Dengan rincian sebagai berikut: Jam 15.45 santri berdo’a lanjut diniyah sesuai hari yang tertera pada jadwal, kemudian dilanjutkan materi utama bisa berupa tilawati atau tahfidz, sholat magrib kemudian dilanjutkan kembali hingga menjelang sholat isya’ dan penutup santri kembali kerumah.

Mengapa kami memprogram jadwal serta pembelajaran seperti demikian, alasannya ada poin penting yang harus menjadi catatan tersendiri yang kami berikan untuk santri dan para wali santri tentunya, yaitu pendidikan tarbiyah seperti membiasakan agar santri sholat berjamaah di dua waktu tersebut, secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa kemandirian dalam hal ibadah sholat lima waktu tentunya.

Setelah tahap pendidikan di TPA Al Ikhlas selesai para santri yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya di tingkat Menengah Pertama (SMP) Kepala TPA Al Ikhlas Karangrejo

Wadin Badrul, S. Kom. I "memberikan rekomendasi sebagai jalur beasiswa lulusan TPA Al Ikhlas yaitu Pondok Pesantren Thafidz Putri kota Madiun dan Pondok Pesantren Tahfid Putra Surabaya" semoga informasi ini memberikan solusi dan angina segar untuk bisa dimanfaatkan dalam menimba ilmu untuk seluruh generasi hebat saat ini. ujarnya. (Joni/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads