Breaking

Post Top Ad

3/16/2021

Pemdes Kerja Bareng Bersama Kartar Laksanakan Fogging

Gresik, pojokpudak.com


Sebagai upaya mengantisipasi serta meningkatkan kewaspadaan dini terhadap kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemeritah Desa Gredek bersama Karang Taruna Gredek Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik, melaksanakan fogging, Selasa (16/3/2021) pagi.


Kepala Desa (Kades) Gredek Bahrul Ghofar mengatakan, fogging yang dilaksanakan Desa ini merupakan tindakan antisipasi atau pencegahan dari serangan nyamuk demam berdarah karena ada dua warga saya yang  terjangkit DBD.


“Fogging massal ini dilaksanakan sebagai antisipasi dalam pencegahan DBD. Karena sebelumnya kami dilapori atau disambati masyarakat”,  ujar Ghofar usai melaksanakan fogging.


Ghofar mengatakan, masyarakat terlihat sangat antusias dan mereka menunjukan tempat-tempat yang dicurigai sebagai tempat berkembangnya nyamuk di daerah tempat tinggal mereka.


Pelaksanaan fogging ini pun sudah kita konsultasikan ke Dinas Kesehatan. Namun dinas akan memberikan fogging, fokus jika sudah ada penderita dan itu pun jumlahnya sekitaran seratus rumah kanan kiri penderita”, jelasnya.     


Selain fogging, lanjut Kades Gredek, menghimbau ke masyarakt untuk menjaga kebersihan, dan kami juga akan terus intens untuk memaksimalkan kader jumantik yang ada di desa untuk mencegah berkembang biaknya jentik di tempat penyimpanan air warga, dan pencegahan DBD akan lebih efektif jika diimbangi dengan pemberantasan sarang nyamuk dengan 4M yaitu Menguras, Menutup, Mendaur Ulang/ Memanfaatkan kembali, dan Memantau. Terangnya.


Dengan dilakukan fogging ini, Ghofar berharap perkembangan nyamuk demam berdarah bisa diminimalisir dan masyarakat bisa hidup sehat serta terhindar dari penyakit yang ditularkan oleh nyamuk ini. Dia juga sangat berharap peran semua warga dalam pemberantasan DBD. “Saling bergotong royong dan bersama sama melakukan pencegahan. Ingat bahwa sehat dimulai dari diri kita”, tegasnya.


Sementara Ketua Karang Taruna Angga mengatakan bahwa dengan adanya fogging massal  di desa tentu saja merasa sangat terbantu dalam hal pencegahan penyakit DBD.


“Saya merasa sangat terbantu dengan adanya fogging oleh pemerintah desa karena untuk pencegahan penyakit DBD”, pungkasnya saat ditemui di rumahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads