Breaking

Post Top Ad

3/28/2022

Gelar Pelatihan, DMI Jatim Dorong Jemaah Masjid Gresik Jadi Wirausaha

Gresik, pojokpudak.com


Dalam meningkatkan dan mendorong jemaah masjid mandiri secara ekonomi, PW DMI Jatim dan PD DMI Gresik menggelar kegiatan kewirausahaan.


Kegiatan itu digelar di Ponpes Khozainul Ulum, Desa Sidowungu, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Minggu (27/3/2022) malam.


Sekretaris DMI Jatim, Suhadi mengatakan visi organisasi ini adalah memakmurkan masjid dan dimakmurkan. Untuk itu, kegiatan ini merupakan suatu jawaban dari problematika ekonomi ummat.


"Agar jemaah bisa menjadi mandiri di tengah pemulihan ekonomi nasional," katanya.


Suhadi menerangkan, kegiatan pelatihan kewirausahaan ini merupakan amanat dari Rakerwil DMI Jatim yang dilangsungkan beberapa waktu lalu di Singgasana Hotel.


"Saat itu, Pak Ketua DMI Pusat Jusuf Kalla. Dia berpesan pentingnya pemberdayaan ekonomi berbasis masjid. Dan kegiatan ini salah satunya," tambah dia.


Ketua Biro Ekonomi PW DMI Jatim, Sholehuddin menambahkan, potensi bisnis komuditas ayam ini sangat besar. Hal itu karena memang ayam menjadi kebutuhan.


"Rata-rata dalam sehari bisa panen 100 Ton," imbuh Sholehuddin yang juga pebisnis komuditas ayam yang tersebar di Bali, Tuban, Kediri, Jombang, Madiun, Solo, Sragen dan Mojokerto.


Dia menjelaskan, komuditas ayam bisa menjadi pilihan jemaah dalam mengembangkan bisnis. Intinya, harus kreatif, mau belajar serta up to date.


"Yang menarik komoditas yang dikembangkan adalah ayam yang sudah tidak asing di pasaran. Potensi Hewan yang satu ini permintaan di pasaran cukup besar," jelasnya.


Ketua DMI Gresik, Zainal Abidin menerangkan, kegiatan ini merupakan sinergi dengan PW DMI Jatim dalam rangka memberikan edukasi kewirausahaan.


"Pesertanya mulai BKMM, DMI dan remaja masjid dan warga Sidowungu. Semoga program ini bisa dikembangkan di masing-masing masjid binaan," terangnya.


Zainal menargetkan, kegiatan ini bisa berlanjut dengan pemberdayaan pelaku UMKM binaan maupun akses permodalan. DMI Gresik, kata dia juga memberdayakan kelompok jemaah masjid untuk berbisnis. 


"Kami punya tanggungjawab tersebut, syukur-syukur nanti pemerintah bisa bersinergi. Apalagi komuditas ayam ini prosepeknya bagus," harapnya. (Mal/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads