Breaking

Post Top Ad

6/14/2022

Sebagai Wujud Syukur Dusun Traseng Desa Sidoraharjo Gelar Sedekah Bumi

Gresik, pojokpudak.com


Tradisi sedekah Bumi merupakan upacara adat masyarakat jawa untuk menunjukkan rasa syukur manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang telah diberikan melalui bumi berupa berbagai macam hasil bumi, Tradisi Sedekah Bumi ini masih terus eksis di tengah-tengah masyarakat, Adat-istiadat yang kini masih pertahankan, Juga dilestarikan, Oleh masyarakat, Dusun Traseng Desa Sidoraharjo Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik, Selasa (14/06/2022).


Dalam.acara sedekah bumi di hadiri, Oleh Kepala Desa Sidoraharjo, Suwoto SH, Sekdes, Bayu Kristiawan, Kepala Dusun, Sarmin Ketua Panitia sedekah bumi, Anggit berserta seluruh Anggota panitia sedekah bumi, dan tokoh masyarakat juga tokoh agama.


Prosesi Sedekah Bumi tersebut diawali kirab tumpeng gunungan raksasa keliling kampung dari hasil panen tanaman bumi daerah setempat dan diiringi oleh warga yang membawa nasi tumpeng beserta buah-buahan dan makanan jajan pasar. 


Setelah itu warga, Dusun Traseng Desa Sidoraharjo kumpul jadi satu, di Balai Dusun warga kemudian menaruh nasi tumpeng tersebut menjadi satu, Kemudian melakukan, Istighozah (doa bersama) Selanjutkan di lanjutkan dengan hiburan, Wayang kulit, Ki Dalang Purnawan dari Kabupaten Mojokerto, Warga masyarakat pun sangat antusias dan sangat terhibur dengan adanya Wayang kulit karena memang hiburan ini biasanya hanya satu kali dalam setahun.


Dalam sambutan, Ketua panitia sedekah bumi, Anggit, Yang diwakili oleh, Kepala Dusun, Sarmin, Mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan dan sumbangsih dari semua warga Dusun Traseng, Desa Sidoraharjo ini, Dengan adanya  sedekah bumi ini, adalah budaya masyarakat yang sudah dilakukan sejak lama dan menimbulkan efek positif, karena selain bisa bersilaturrahmi antar warga, juga menciptakan kerukunan di masyarakat.


Kepala Dusun Sumiran juga mengucapkan mohon maaf kepada seluruh masyarakat, Dusun Traseng Desa Sidoraharjo  apabila dalam  kegiatan sedekah bumi tahun ini, ada kekurangan sekali lagi saya pribadi mohon maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh masyarakat,  Ungkapnya.


Ditempat yang sama Suwoto, SH, Dalam sambutannya menyampaikan, Dengan adanya kegiatan tasyakuran, Sedekah Bumi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Dusun Traseng Desa Sidoraharjo kepada Allah, SWT atas limpahan berkah, keselamatan dan nikmat berupa panen hasil bumi yang telah didapatkan oleh masyarakat, 


Masih Suwoto, SH selain sebagai ucapan rasa syukur, tradisi sedekah bumi juga digelar sebagai bentuk rasa kebersamaan kepada sesama dengan memberikan sedekah berupa makanan. “Selain sebagai rasa syukur kepada sang pencipta, sedekah bumi ini juga sebagai wujud pelestarian budaya yang sudah dilakukan turun-temurun, Dengan adanya sedekah  Bumi ini dapat menolak balak atau menjauhkan dari musibah karena sedekah bumi sama dengan memberi sodaqoh,” Tuturnya.


Tidak hanya itu Suwoto SH juga  Mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh lapisan masyarakat, Dusun Traseng Desa Sidoraharjo karena acara sedekah bumi ini, tetap masih menggunakan prokes, sehingga acara tersebut dapat dilaksanakan dengan baik aman lancar.


Harapannya, dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini, masyarakat terus diberikan rezeki dari Maha Kuasa, dijauhkan dari marabahaya  dan juga diberikan perlindungan. semoga kedepan pembangunan desa terus bisa kami lakukan agar masyarakat desa  bisa sejahtera. (Ura/Dyo).








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads