Breaking

Post Top Ad

8/12/2022

Stop Penyebaran PMK, Babinsa Benjeng Rutin Ingatkan Peternak

Gresik, pojokpudak.com


Babinsa Koramil 0817/10 Benjeng rutin berkolaborasi dengan Dispertan untuk rutin melakukan pengecekan beberapa Peternakan yang ada di wilayah Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik, sebagai upaya untuk hentikan laju penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Jumat (12/8/2022).


Dampak penyakit PMK sangat merugikan para peternak, tidak sedikit para peternak yang menjual rugi hewan ternaknya misalnya sapi dengan harga jauh dibawah pasaran dikarenakan ketakutan sapi yang dipeliharanya mati akibat terserang Penyakit Kuku dan Mulut.


Mengantisipasi hal ini agar tidak terjadi, Serda Afandi selaku Babinsa Koramil 0817/10 Benjeng bersama Sidik S.P Pegawai Dispertan Kecamatan Benjeng rutin mengunjungi para peternak, salah satunya peternakan milik Hadi suyono yang terletak di Desa Delik Sumber Kecamatan Benjeng untuk memastikan kondisi kesehatan hewan ternak dan perawatan kebersihan kandang guna mencegah melonjaknya penyakit PMK.


Serda Afandi mengatakan, “Kabupaten Gresik sempat tembus hingga 5 ribu hewan ternak terpapar PMK, sehingga Pemerintah Daerah melakukan berbagai upaya dengan maksimal dimulai pemantauan rutin ke peternakan, dan juga memberikan vaksin kepada hewan yang sudah mulai terdistribusikan ke berbagai daerah yang ada di Kabupaten Gresik.”tuturnya.


“Sengaja kami ingin memastikan dan mengingatkan bahaya penyakit PMK kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak, apabila ada beberapa hewan menunjukkan gejala kurang sehat, segera sampaikan ke petugas atau mantra hewan agar segera mendapat tindakan cepat agar tidak semakin parah, tetapi sejauh pemantauan kami para peternak sudah sangat disiplin untuk rutin memperhatikan kesehatan dan kebersihan kandang, karena mereka tidak mau sampai merugi akibat PMK”.Sambungnya.


Ketika dikunjungi Babinsa dan Petugas Dispertan, Hadi suyono menuturkan bahwa, “Secara rutin kami bersihkan kandang dan mengecek kondisi hewan ternak disini yang berjenis sapi berjenis Semental dan Limosin, kalau dalam kondisi sehat  dan gemuk harga jualnya masih tinggi, sehingga kami tidak ingin sampai terpapar PMK, kami para peternak juga rutin menghubungi mantri hewan untuk dilakukan pengecekan pada hewan ternak disini”. Tuturnya.


“Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada petugas dari Dispertan pak Babinsa Koramil Benjeng yang perhatian dengan peternak seperti kami, hingga sampai turun ke kandang ternak untuk memantau dan memberikan semangat kepada kami untuk tidak menyerah”.pungkas Hadi. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads