Breaking

Post Top Ad

11/12/2022

Turunkan Stunting dan Pengelolaan Sampah Pemdes Kedungrukem Study Banding Ke Pujon Kidul

Gresik, pojokpudak.com


Guna untuk menurunkan stanting dan pengelolaan sampah Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungrukem Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik study banding ke Desa wisata Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. 


Dengan adanya kegiatan study banding tersebut setidaknya mampu mendobrak kinerja Pemerintah Desa dan berbagai Lembaga yang ada di Desa Kedungrukem itu sendiri, dalam studi banding tersebut di ikuti langsung oleh Kepala Desa (Kades) Kedungrukem Bayu Prahaja Hadinata, mengajak Pemdes, BPD, LPM, Pengurus BUMDes dan Pengurus Bank Sampah," Kata Bayu Prahaja Hadinata saat di hubungi melalui WhatsApp, Sabtu (12/11/2022) malam.


Lebih jauh orang nomer satu di Desa Kedungrukem tersebut menjelaskan," Dengan diadakannya study ini semoga bermanfaat  dan kami bisa terinspirasi atau mempelajari apa yang dilakukan Desa Pujon Kidul yang sangat luar biasa dan  Mandiri. 


Tentunya semua itu tidak lepas dengan dukung semua lembaga yang ada di desa dan masyarakat desa. Terlebih, tentunya juga harus di sesuaikan dengan Sumber Daya Alam (SDA) atau kearifan lokal  yang ada di desa,"  


Dijelaskan dia," Agar ilmu yang di dapatkan dari studi banding bisa diaplikasikan di Desa Kedungrukem. Salah satu hal yang penting dalam pengelolaan sampah, di situ  adalah pemilahan sampah antara sampah organik dan anorganik. 


Dengan mengajak BUMDes dan Pengurus Bank Sampah maka mereka dapat belajar dan mendapat ilmu untuk kemudian di tularkan kepada warga sekitar.


Dan sengaja mengajak mereka agar bisa mencontoh manajemen pengelolaan sampah di Desa Pujon Kidul, yang telah sukses. Karena tidak hanya menciptakan kebersihan wilayah tapi juga mampu mengubah perilaku warga ikut peduli pada masalah sampah dan mengedukasi perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," 


Di kesempatan tersebut Bayu Prahaja Hadinata, tidak lupa mengucapkan terimakasih untuk Pemdes Pujon Kidul, yang bersedia menerima kegiatan kita untuk hari ini. Semoga kedepan sukses selalu bagi kita semua. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads