Breaking

Post Top Ad

12/15/2022

Nelayan Mendinginkan Planet, Tanam Mangrove Untuk Penghijauan Pesisir Pantai

Gresik, pojokpudak.com


kegiatan penanaman pohon mangrove yang dilakukan oleh Batuud Koramil 0817/13 Ujungpangkah dan Polsek Ujungpangkah bersama KNTI di wisata mangrove Desa Banyurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik. Selasa (13/12/2022).


Dalam kegiatannya, penanaman mangrove dilakukan secara simbolis oleh Muspika kecamatan Ujungpangkah, wakil ketua DPP KNTI bapak Sugeng Nugroho dan diikuti oleh tamu undangan lainnya.


Ditempat berbeda, Danramil 0817/13 Ujungpangkah Kapten Inf Iwan Hadi S mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam penghijauan di wilayah pesisir pantai untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.


"Berfungsi bisa untuk membendung air laut saat air pasang sehingga dapat mengurangi abrasi di daerah pesisir pantai kedepannya." ucapnya.


Lebih lanjut,”Selain berfungsi menjadi penghalang dan pencegah abrasi, hutan mangrove juga menjadi benteng pengaman dari ancaman bencana gelombang pasang (tsunami) dan juga sebagai pendukung kehidupan biota laut. Jadi, jangan anggap remeh tanaman bakau (Mangrove) yang berdiri di tepian pantai. Keberadaan hutan mangrove punya sejuta manfaat bagi kita dan lingkungan sekitar,"kata Danramil.


Dikesempatan itu juga Serma Bunarto Batuud Koramil 0817/13 Ujungpangkah mengatakan akan terus berupaya melanjutkan kegiatan ini dengan mencari tempat-tempat lain yang apabila memungkinkan akan ditanami mangrove.


“Dengan tema “Nelayan Mendinginkan Planet” sejumlah 1000 pohon mangrove yang ditanam hari ini di taman wisata mangrove Pantai Desa Olaya.”pungkas Serma Bunarto. (Td/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads