Breaking

Post Top Ad

12/13/2022

Secara Resmi Kadis PMD Gresik Launching “D’Blantik Centro” Pasar Hewan Balongpanggang, Ini Pesannya

Gresik, pojokpudak.com


Kepala Dinas (Kadis) PMD Kabupaten Gresik, Abu Hasan secara resmi, melaunching Program desa berdaya, “D’Blantik Centro” Pasar hewan Balongpanggang, Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, Senin (12/12/2022) pagi.


Dalam acara launching tersebut selain Kepala Dinas PMD Abu Hasan, hadir pula  jajaran Muspika Kecamatan Balongpanggang (Camat Balongpanggang M. Amri , Danramil 0817/09  Balongpanggang Kapten Inf Erik Cahya Mustika dan jajarannya, Kapolsek Balongpanggang AKP M. Zainuddin) Tokoh Masyarakat Mulyanto, Kepala Desa (Kades)  Balongpanggang Agus Saputro, dan banyak lainnya. 


Dalam sambutannya Kepala Dinas PMD Abu Hasan menuturkan," Dimana Desa yang terpilih memperoleh bantuan dari Ibu Gubernur berupa desa berdaya, ini yang patut di syukuri bersama ternyata Balongpanggang menjadi prioritas untuk bisa menerima desa berdaya, yang menerima bantuan Ibu Gubernur senilai 100 juta. 


Upaya yang di lakukan oleh provinsi Jawa timur, di sambut oleh Pak Bupati Gresik dengan menempatkan program program yang sekiranya untuk mendukung dari pada programnya desa berdaya.


Lebih jauh Abu Hasan menegaskan," Setelah di resmikan D' Blantik Centro ini saya mohon kedepannya lebih di tingkatkan, untuk itu harus mengenal Digital, meskipun jualan sapi harus memakai pola pola digital," 


Ingat, setelah di launching ini saya tidak ingin melihat pasar sapi balongpanggang ini kumuh, untuk itu jangan lupa kotoran sapi harus di bersihkan," Tambahnya. 


Camat Balongpanggang M. Amri mengatakan," Setelah di launching ini, kami harapkan kegiatan ini harus lebih total karena mengingat lokasinya sangat strategis, karena segitiga emas. 


Dengan kehadiran desa berdaya ini harapan saya agar nantinya bisa menjadikan potensi tersendiri terhadap pendapatan desa. Ingat, saya tidak ingin sebatas ini saja, yang artinya kalau ini selesai ya selesai. Tetapi harapan kami kedepan perlu ada penataan lebih lanjut terutama sarana dan prasarananya. 


" Muda mudahan dengan di launchingnya ini bisa lebih maksimal. Tolong kita tidak hanya sebatas launching, tapi persiapan untuk semuanya di harapkan di siapkan dengan matang yang sifatnya berkelanjutan dan banyak program yang di kembangkan,"


Lebih jauh Amri menuturkan," Dengan kehadiran ini, bisa memaksimalkan pendapatan desa utamanya juga kita tetap memenuhi aturan aturan main dan koridornya. Tambahnya. 


Ditempat yang sama dalam sambutannya Kepala Desa Balongpanggang Agus Saputro menyampaikan,” Desa Balongpanggang merupakan ibukota kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik, yang secara geografis terletak di segitiga Emas, dimana di wilayah barat berbatasan langsung dengan kabupaten Lamongan dan di wilayah selatan berbatasan dengan kabupaten Mojokerto, letak yang strategis ini memunculkan potensi ekonomi yang sangat besar, sehingga Balongpanggang menjadi pusat perekonomian bagi warga ditiga kabupaten tersebut,” Ungkapnya.


Tak hanya itu saja, Ia juga menambahkan,” Potensi Perekonomian Balongpanggang ditunjang dengan keberadaan:

1. Pasar umum Balongpanggang.

2. Lahan parkir roda dua dan roda empat yang begitu luas.

3. Terminal angkutan umum dengan jurusan terminal Balongpanggang-pasar Turi Surabaya.

4. Pasar Sayur.

5. Pasar hewan Balongpanggang.

Faktor-faktor tersebut membuat Desa Balongpanggang menjadi sentral bisnis dan perekonomian serta menjadi satelit bagi tiga kabupaten, yaitu kabupaten Gresik, Mojokerto dan Lamongan,” Imbuhnya.


Disamping itu pihaknya menegaskan,” Melihat potensi perekonomian yang begitu besar, Pemerintah Desa Balongpanggang berupaya mengembangkan seluruh variabel ekonomi tersebut, agar lebih dikenal secara luas,


“Alhamdulillah di penghujung akhir tahun 2022 ini, Pemerintah Desa Balongpanggang ingin menampilkan icon Pasar Desa yaitu “D’Blantik Centro” Salah satu pusat perdagangan hewan ternak terbesar di wilayah jawa timur,” Tegasnya.


Agus Saputro juga berharap,” Semoga ikhtiar sederhana ini yang bertitel Desa berdaya, mampu membawa dampak positif dan meningkatkan perekonomian masyarakat, disamping itu juga memberikan devisa bagi Desa Balongpanggang,” Harapnya.


Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya,” Saya ucapkan Terimakasih kepada semua pihak, khususnya ibu Gubernur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang mendukung penuh kegiatan Desa Berdaya ini Desa Balongpanggang. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads