Breaking

Post Top Ad

12/02/2022

Tinggal Setengah Bulan, Ada Uang 2,5 Miliar BSU Yang Belum Diambil Pekerja di Gresik

Gresik, pojokpudak.com


Meski sejak tanggal 2 November uang BSU atau Bantuan Subsidi Upah senilai Rp. 600 ribu bisa dicairkan di Kantor Pos, namun dari jumlah pekerja penerima 19.469 orang hingga kini masih ada 4.203 orang atau senilai Rp. 2.521.800.000 miliar uang yang belum terserap. 


Untuk itu, Kantor Pos Cabang Gresik terus menggencarkan sosialisasi dan siap menjemput bola. Bahkan, selain membuka jam layanan dari pukul 07.00 wib hingga pukul 21.00 wib. Pihak Kantor Pos juga siap mendatangi pabrik atau tempat tinggal penerima bila ada yang meminta uangnya dicairkan. 


Program BLT subsidi gaji sendiri merupakan program Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dengan tujuan membantu pekerja yang terimbas kenaikan harga BBM. Adapun syarat dasar untuk mendapatkan BSU, antara lain memenuhi persyaratan gaji Kemnaker dan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 


Kepala Kantor Pos Cabang Gresik Maestro Yunan mengatakan, untuk mengecek seseorang menerima bantuan atau tidak caranya cukup mudah. Bisa mengecek melalui aplikasi Pospay atau langsung datang ke Kantor Pos terdekat. 


"Pekerja bisa cek sendiri di aplikasi Pospay. Nanti tinggi isi NIK, kalau dapat akan ada keterangan terdaftar," kata pria yang akrab disapa Etto itu, Jumat (2/12/2022). 


Nantinya, pekerja yang terdaftar bisa mencairkan uangnya di Kantor Pos seluruh Kabupaten Gresik. "Walau pekerja sudah resigh, asal tercatat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan masih bisa dicairkan," ucap Etto. 


Ditambahkan Etto, hingga saat ini sudah ada 15.266 pekerja atau Rp. 9.159.600.000 miliar yang mencairkan uang BSU. "Ini masih sekitar 2,5 miliar yang uang yang belum diambil. Pertengahan bulan ini bisa-bisa dikembalikan ke kas negara," terangnya. 


Lebih lanjut diceritakan Etto, selama ini banyak orang yang tidak sadar kalau dirinya terdaftar sebagai penerima BSU. Sehingga pihaknya seringkali membantu mengecek data. "Ada ibu-ibu yang berprofesi sebagai guru datang ke Kantor Pos niatnya ingin ambil paket, begitu kami cek datanya, ternyata ia terdaftar sebagai penerima BSU," jelasnya. 


Agar hasil maksimal, Kantor Pos Cabang Gresik juga membuka nomor call center 089677482065 (Kantor Pos Gresik). Diharapkan warga bisa aktif komunikasi guna memastikan terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak. (Nif/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads