Breaking

Post Top Ad

2/13/2023

Bentuk Karakter Saka Wira Kartika, Serma Fadjar Babinsa Cerme Berikan Pelatihan dan Pemahaman Wasbang

Gresik, pojokpudak.com


Bertempat di halaman Koramil 0817/08 Cerme, Desa Cerme Kidul, Kecamatan Cerme, kegiatan pembinaan pelatihan dan pemberian materi Wasbang terhadap anggota Saka Wira Kartika diberikan oleh Serma Fadjar Arijadi yang merupakan anggota Babinsa Koramil 0817/08 Cerme mendapatkan antusias para peserta. Minggu (12/2/2023).


Saka Wira Kartika merupakan Satuan Karya (Saka) Pramuka Nasional yang dibentuk atas kerja sama antara Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Darat untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dalam wadah bentuk pendidikan bela negara.


Kegiatan Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari gugus depan untuk meningkatkan kesadaran bela negara lewat pengetahuan dan keterampilan dalam bidang matra darat yang meliputi dengan segala aktivitas alam yang ada di darat, seperti halnya hutan, gunung, rawa, dan sungai, yang dilaksanakan baik secara perorangan maupun secara berkelompok dengan tujuan untuk membentuk jiwa patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur Bangsa demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Kegiatan yang dilakukan oleh Anggota Saka Wira Kartika yang merupakan binaan dari Koramil 0817/08 Cerme merupakan bentuk perwujudan kerja sama antara TNI dengan para dewan guru baik SMAN 1, SMKN 1 dan SMA YPM Darusallam yang ada di wilayah Kecamatan Cerme.


Dalam pelaksanaan kegiatan Saka Wira selain pemberian materi mereka juga dibina agar tumbuh kepedulian terhadap lingkungan sekitar sehingga dapat mewujudkan perilaku yang bertanggung jawab dalam kehidupan sehari hari baik untuk diri sendiri maupun terhadap lingkungan di sekitarnya.


Penerapan program yang diberikan kepada anggota Pramuka Saka Wira Kartika memiliki 5 Krida yang mengacu kepada panduan dan petunjuk dari program TNI, antara lain :

1. Krida Navigasi Darat

2. Krida Pioneer

3. Krida Mountinering

4. Krida Survival

5. Krida Penanggulangan Bencana Alam.


Saat dilokasi, Serma Fadjar Arijadi juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan pembinaan Pramuka tersebut guna mendukung program TNI AD. 


"Termasuk dalam bidang teritorial, Babinsa berkontribusi dalam kegiatan pembinaan Pramuka yang bertujuan untuk membina generasi muda agar dapat memiliki jiwa Patriot yang berani bertanggung jawab, sehingga dengan kegiatan ini bertujuan dapat menghindarkan maupun mencegah generasi muda dengan pengaruh kegiatan yang negatif."kata Serma Fadjar. 


menambahkan, "Dalam kegiatan pembinaan pramuka tersebut juga bermaksud untuk meningkatkan kesadaran Bela Negara pada generasi penerus melalui pengetahuan dan keterampilan serta kedisiplinan yang nantinya dapat berguna bagi kehidupan dirinya sendiri dan masyarakat sekitar."pungkasnya. (Sty/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads