Breaking

Post Top Ad

7/04/2023

Pendampingan Babinsa, Serda Saejan Sambangi Usaha Ayam Petelur di Wilayah Binaan

Gresik, pojokpudak.com


Bentuk upaya dalam mendorong semangat usaha warga masyarakat di wilayah binaan, Serda Saejan Babinsa Koramil 0817/14 Panceng mengunjungi usaha ayam petelor dan pembesaran itik milik Jacky warga binaan di Desa Pantenan Kec. Panceng Kab. Gresik, Selasa (4/7/2023).


Telur termasuk komoditas tertinggi yang banyak dikonsumsi masyarakat di Indonesia. Selain karena harganya yang terjangkau, komoditas telur adalah salah satu sumber gizi yang mudah didapatkan oleh masyarakat.


Berangkat dari itu, Jacky menggeluti usaha berternak ayam petelur. Ia mengatakan telur ayam ras atau telur ayam petelur adalah jenis telur yang paling umum dikonsumsi oleh masyarakat dibandingkan jenis telur lain.


"Ayam ras petelur merupakan tipe ayam yang secara khusus menghasilkan telur sehingga produktivitas telurnya melebihi dari produktivitas ayam lainnya."ungkapnya.


"Peningkatan konsumsi telur ayam sangatlah berdampak sehingga usaha saya semakin berkembang."katanya.


Jacky juga mengatakan bahwa selain usaha peternakan ayam petelur dirinya juga memelihara pembesaran itik yang merupakan usaha tambahnya.


"Pelihara itik itu cuma sampingan saja. Awalnya dari melihat sisa makanan dikonsumsi ayam yang berjatuhan terbuang sia-sia, dari itu saya punya inisiatif pelihara itik untuk memaksimalkan pakan."terangnya.


Di sela-sela perbincangan, Serda Saejan mengatakan bahwa membangun usaha ternak ayam petelur memang membutuhkan kehati-hatian. Selain dari segi lingkungan, kondisi bibit yang digunakan juga dapat menentukan keberhasilan ternak ayam petelur.


"Saya menghimbau dalam membangun usaha ternak ayam petelur agar selalu menjaga kebersihan kandang. Hal ini penting dilakukan karena akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan ayam-ayam ternak tersebut,"tutur Babinsa.


"Diharapkan dengan pengalaman Jacky dalam usaha dapat meningkatkan perekonomian keluarga dan bisa ditularkan pada generasi sehingga terus dikembangkan menjadi penghasil telur terbesar di Desa Pantenan. Dengan begitu juga dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat daerah."pungkasnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads