Breaking

Post Top Ad

10/01/2023

Pawai Karnaval Budaya Dan Sedekah Bumi Dusun Kasiyan Sangat Meriah

Gresik, pojokpudak.com


Kegiatan karnaval budaya dan
Sedekah bumi di gelar di Balai Dusun Kasiyan Desa Lampah Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya kali ini diadakan dengan menggelar karnaval budaya dan kirab tumpeng gunungan raksasa dari setiap, Rukun Tetangga (RT) masing masing membuat bentuk kreasi.


Kegiatan sedekah bumi di Dusun Kasiyan Desa Lampah digelar selama dua hari, Dua malam, Yaitu pada hari Minggu (1/10/2023) dengan mengelar berbagai kegiatan yang diawali dengan, Karnaval budaya dan kirab tumpeng gunungan raksasa yang berbentuk ular naga melingkar.


Kemudian masing masing dari Rukun Tetangga (RT) Menunjukkan kreasinya RT. 01 membuat kreasi,l Ganesa gajah tangan empat, RT. 02 Kuda terbang bersayap, RT. 03 membuat Sapi, RT. 04 membuat Semar, kemudian RT. 05 membuat kreasi Tikus di rantai menggambarkan bahwa koruptornya sudah di rantai.


Pada hari Senin bakal dilaksanakan Istighosah (Do,a bersama) 
ratusan warga Dusun Kasiyan berbondong-bondong, datang ke Balai Dusun sambil membawa tumpeng dan juga berbagai makanan lainnya, semua sajian makanan. 


Kemudian pada malam harinya panitia sedekah bumi menyuguhkan Gebyar hiburan pagelaran seni budaya asli Jawa Timuran, Wayang kulit live dengan menghadirkan Ki Dalang Santer semalam suntuk.


Acara sedekah bumi di hadiri, Oleh Kepala Desa (Kades) Lampah Suwandi, SH Kepala Dusun Kasiyan Anita berserta panitia dan seluruh anggota panitia sedekah bumi, dan Babinsa Desa Lampah Sertu Harmawan, Bhabinkamtibmas Aiptu Sigit Putro Riadi, RT/RW, Karang Taruna berserta tokoh masyarakat tokoh agama dan seluruh warga masyarakat Dusun Kasiyan.


Sementara itu Kepala Dusun Kasiyan Anita dalam sambutannya Mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Dusun Kasiyan atas dukungannya dan sumbangsihnya, Dengan terselenggaranya kegiatan karnaval budaya dan sedekah bumi ini,  merupakan salah satu cara meng uri-uri atau melestarikan tradisi budaya leluhur dan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan selama ini kepada seluruh warga masyarakat khususnya Dusun Kasiyan ini. Tuturnya.


Ketua panitia sedekah bumi Huda disela sela kegiatan menyampaikan dengan adanya kegiatan sedekah bumi ini semoga warga Dusun Kasiyan ini selalu diberikan keberkahan, atas hasil panennya yang melimpah ruah dan juga diberikan kesehatan, keselamatan, kemakmuran dan dijauhkan dari marabahaya dan dijadikan Dusun Kasiyan Desa ini, Yang adem ayem tentrem, guyub rukun damai  sentosa. 


Tidak hanya itu Huda juga mengucapkan mohon maaf kepada seluruh warga masyarakat, Dusun Kasiyan Desa Lampah  apabila dalam kegiatan sedekah bumi ini, dan pawai karnaval budaya ini, ada kekurangan dan juga ada kesalahan sekali lagi saya pribadi berserta panitia yang lainnya mohon maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh warga masyarakat, Tuturnya.


Ditempat yang sama Kades Lampah Suwandi. SH, Mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat, Dusun Kasiyan Desa Lampah dengan adanya kegiatan pawai karnaval budaya ini, dalam rangka sedekah bumi ini.

Alhamdulillah seluruh warga masyarakat, Dusun Kasiyan ini sangat antusias sekali mengikuti pawai karnaval budaya dalam rangka sedekah bumi ini dan juga warga Dusun Kasiyan Desa Lampah sangat kompak guyub rukun mulai dari, RT.01 sampai RT. 05, benar benar sangat semangat sekali dengan adanya kegiatan pawai karnaval budaya dan sedekah bumi ini seakan tidak memutuskan semangatnya para warga  yang mengikuti pawai karnaval budaya meskipun tersengat terik panasnya matahari seluruh warga tetap semangat sekali.


Kami atas nama Pemerintah Desa (Pemdes) Lampah sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada ketua panitia dan seluruh anggota  panitia sedekah bumi dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Desa Kasiyan ini, mudah mudahan kegiatan pawai dan karnaval budaya dan sedekah bumi di tahun. (Ura/Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads