Breaking

Post Top Ad

12/08/2023

Dua Kecamatan Terendam Banjir, Karena Luapan Sungai Kali Lamong

Gresik, pojokpudak.com


Hujan deras cukup tinggi di wilayah Gresik Selatan dan Kabupaten Lamongan mengakibatkan dua Kecamatan  yang berada di Kabupaten Gresik terendam banjir. 



Dua Kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Balongpanggang dan Kecamatan Benjeng. Lima Desa di Kecamatan Balongpanggang dan tiga Desa di Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.


Untuk wilayah Kecamatan Balongpanggang banjir di Desa Dapet, Sekarputih, Banjaragung, Karangsemanding dan Desa Wotansari. Sedangkan tiga Desa di wilayah Kecamatan Benjeng meliputi Desa Lundo dan Desa Sedapur klagen. Tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gresik Darmawan, saat meninjau banjir di Desa Wotansari. Jumat (8/12/2023).



Lebih jauh Darmawan menuturkan," Adapun himbauan kepada masyarakat agar nantinya tetap was pada, meskipun banjir ini sudah biasa bagi mereka. 



Karena melihat arusnya cukup desa saya harapkan  supaya kepada Kades yang terdampak agar menghimbau kepada warganya terutama untuk anak anak. Tambahnya.



Sementara di tempat yang sama Camat Balongpanggang Amri menuturkan, air mulai naik tadi malam sekitar pukul 00.30 Wib yang tepatnya di jembatan Brak Desa Ngampel yang debet air mulai meningkat, hal itu di sebabkan karena curah hujan yang sangat lebat dengan rata rata 60mm - 63 mm di area Semampir dan Sembung. Dan akhir di wilayah Balongpanggang dampak atas luapan sungai kali lamong.



Yang mana pada saat hari ini, khususnya di wilayah Balongpanggang selatan sendiri ada 5 desa yang terendam, diantaranya Desa Dapet, Sekarputih, Banjaragung, Karangsemanding dan Desa Wotansari. Kedepan berproses yang menjadi langganan satu lagi yaitu Desa Pucung.



Perlu di ketahui, bahwa sahnya debet air sudah mulai  sedikit menurun dan juga informasi di jembatan Brak sudah mengalami penurunan ketinggian muka air kurang lebih 20 cm. 



Harapan kami, semoga segera surut dan bisa terkendali. Tambahnya. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads