Breaking

Post Top Ad

2/03/2024

Mahasiswa Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Kelompok 76 Gel 9 FH UMM Membantu Pelaku UMKM Desa Tegalgondo Dalam Pendaftaran Usaha

Malang, pojokpudak.com


Lima Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang (FHUMM), https://www.umm.ac.id/ Moh. Rasyid Eriansyah, Mamluatus Sa'adah, Divka Sekar Bening, Silviyana Woroayu Kumalawati, dan Fina Zuhrotul Atiqoh dengan Dosen Pembimbing Lapangan Wahyudi Kurniawan, S.H., M.H.Li. melakukan sosialisasi atau pendampingan terkait perizinan usaha UMKM di Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang.


Dalam pendampingannya Lima Mahasiswa FH UMM menjelaskan terkait betapa pentingnya pendaftaran perizinan usaha dalam melindungi hak pelaku usaha dan mendorong  pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan membantu proses pendaftaran izin usaha tersebut. Katanya Sabtu (3/2/2024).


Bahwa Perizinan Usaha ini merupakan suatu hal yang wajib bagi pelaku usaha, karena merupakan legalitas yang akan diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan usaha/kegiatannya guna melindungi dirinya sebagai pelaku usaha. Sehingga, pelaku usaha dapat menjalankan usahanya secara aman dan nyaman serta tidak perlu khawatir terhadap ancaman-ancaman lain yang dapat menimpa usaha. 


Selain itu, dalam pendampingan pendaftaran usaha tersebut ke lima Mahasiswa FH UMM juga menjelaskan mengenai macam-macam izin usaha, tingkat risiko perizinan usaha. Dan manfaat jika mendaftarkan izin usaha, serta risiko jika izin usaha tidak didaftarkan.


Tidak hanya itu ke lima Mahasiswa FH UMM mengatakan," saat melakukan pendampingan kepada masyarakat ternyata masih ada beberapa masyarakat yang belum paham mengenai wajibnya perizinan usaha, hal tersebut disebabkan karena sebagian besar masyarakat belum mendapatkan sosialisasi atau pendampingan terkait pentingnya izin usaha.


Untuk itu kita disini selaku mahasiswa FH UMM telah berupaya untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mendapatkan surat izin usaha kepada masyarakat yang ada di Desa Tegalgondo ini dengan adanya Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) kelompok 76 gel 9 ini semoga bisa membantu memajukan para UMKM yang terdapat di desa ini. (Dyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

your ads